Tahapan dalam siklus akuntansi

  1. Pengertian

Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang sekurangkurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya.

Siklus akuntansi adalah

  • Pencatatan Data ke dalam dokumen sumber/bukti transaksi.
  • Penjurnalan, yaitu menganalisis dan mencatat transaksi dalam jurnal (buku harian)
  • Melakukan posting ke Buku Besar yaitu memindahkan debet dan kredit dari jurnal ke akun Buku Besar.
  • Penyusunan Neraca Saldo yaitu menyiapkan Neraca Saldo unttuk mengecek keseimbangan Buku Besar.
  • Membuat ayat jurnal penyesuaian dan memasukkan jumlahya pada Neraca Saldo.
  • Membuat ayat-ayat penutup yaitu menjurnal dan memindahbukukan ayat-ayat penutup.
  • Penyusunan Laporan Keuangan yaitu Laporan Rugi Laba, Laporaan Perubahan Modal dan Neraca

Persamaan dasar akuntansi

Untuk persamaan akuntansi dapat diketahui dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Aktiva = Utang + Modal

Ketarangan:

Harta (assets) merupakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang akan memberkan manfaat ekonomis pada masa yang akan datang.

Utang atau liability merupakan hak (klaim) terhadap harta dari pihak selain pemilik. Yang tergabung dalam kelompok utang adalah utang usaha (accounts Paybel), utang wesel (notes payble)

Modal (owners equity) merupakan sisa hak terhadap harga (sumber daya) suatu perusahaan setelah dikurangi dengan hak pihak ketiga (liability). Owner’s Equity akan dipengaruhi oleh unsur unsur sebagai berikut:

2. Akun

Akun merupakan catatan akuntansi secara individual untuk mencatat kenaikan atau punurunan unsur harta (assets), kewajiban (liability), dan modal (owerr’ equity). Ada beberapa bentuk akun antara lain sebagai berikut:

  • Bentuk _ T (T – Form )

  • Bentuk Multikolom

Terdiri dari, kolom tanggal, keterangan, Ref, Debet, kredit dan saldo

Tanggal

keterangan

Ref

Debet

Kredit

Saldo

Debet

Kredit

 

3. Menyusun Jurnal (Journalizing)

Menyusun jurnal adalah proses mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam buku harian (buku jurnal), sedangkan buku jurnal merupakan catatan kronologis dan sistematis atas transaksi keuangan.

4. Memasukkan Jurnal Kedalam Buku Besar (Posting to ledger)

Posting merupakan proses memasukkan setiap akun dalam buku jurnal ke dalam buku besar (ledger) sesuai dengan akun dan jumlahnya. Buku besar (ledger) merupakan kumpulan dari semua akun yang terdapat pada suatu perusahaan yang tersusun secara sistematis dengan diberi nomor kode tertentu dan biasanya tergambar pada bagan akun (chart of accounts) dari perusahaan tersebut.

Preses dalam melakukan posting adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan tanggal, akun, dan nilai moneter dari buku jurnal kedalam buku besar (ledger) yang sesuai
  2. Memasukkan nomor halaman jurnal ke kolom pos reference (PR) dalam ledger)
  3. Memasukkan nomor akun dari ledger kedalam kolom post refernce pada buku jurnal

5. Menyiapkan Neraca Saldo (Preparing Trial Balance)

Setelah semua jurnal diposting ke buku besar, setiap akun dalam buku besar dapat diketahui saldonya. Berdasarkan saldo saldo tersebut dapat disusun neraca saldo trial (trial balance). adi neraca saldo merupakan suatu laporan yang berisi mengenai akun disertai dengan saldo masing masing. Saldo tersebut diperoleh dari setiap saldo akun dalam buku besar (ledger).

6. Melakukan Penyesuaian Atas Akun –akun

Proses penyesuaian merupakan proses memutahirkan data keuangan setiap akhir tahun sebelum disusun laporan keuangan. Proses tersebut menggunakan jurnal yang dinamakan dengan jurnal penyesuaian (adjusting entries). Jurnal penyesiaian selalu disusun setiap akan membuat laporan keuangan. Ada beberapa mengapa membuat jurnal penyesuaian harus disusun, antara lain sebagai

berikut:

  1. Beberapa transaksi belum dilakukan jurnal karena belum saatnya dilakukan
  2. Beberapa beban belum dilakukan jurnal selam periode akuntansi karena beban tersebut belum digunakan (expired),
  3. Beberapa unsur memang belum dilakukan pencatatan.

7. Membuat Jurnal Penutup

Jurnal penutup (closing entries) merupakan jurnal yang dibuat setiap akhir periode akuntansi dengan tujuan menolkan perkiraan nominal (revenue, expenses, prive) dan, mentransfer net income atau net loss ke modal. Setelah closing entries di posting ke setiap akun, maka semua perkiraan bersaldo nol yang tersisa adalah perkiraan riel (assets, liability, modal)

8. Neraca Saldo Setelah Jurnal Penutup (Post Closing Trial Balance)

Neraca saldo setelah jurnal penutup (post closing trial balance) merupakan suatu laporan (daftar) yang berisi perkiraan – perkiraan yang disertai dengan saldonya masing masing setelah dipengaruhi jurnal penutup meliputi perkiraan riel (balance sheet account) yaitu aktiva, kewajiban dan modal.

9. urnal Pembalik (Reversing Intries)

Jurnal pembalik meruakan jurnal penyesuaian yang dibuat pad awal periode akuntansi sebelum dimulai proses akuntansi yang baru dengan tujuan untuk memutakhirkan data akuntansi (data keuangan). Penyusutan jurnal pembalik tergantung dari jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian yang perlu dibuat jurnal pembalik adalah hanya jurnal penyesuaian yang menimbulkan piutang (receivable) atau utang (payable).

Materi siklus akuntansi ini disadur dari situs cekkembali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*